Tips Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin Dan Tidak Bau Apek

Tips Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin Dan Tidak Bau Apek

Tips merawat AC mobil memang menarik untuk dibahas. Sebab, komponen ini menjadi salah satu faktor utama penunjang kenyamanan dalam berkendara.

Seperti pada umumnya AC mobil (AC) hampir selalu digunakan oleh pemilik mobil saat melakukan perjalanan jarak pendek atau jauh. Nah, karena rutin digunakan, komponen AC tentunya harus mendapat perawatan rutin.

Sedangkan untuk set AC mobil terdapat beberapa komponen. Seperti kompresor, kondensor, pengering penerima, katup ekspansi, evaporator, selang bertekanan tinggi, selang bertekanan rendah, kipas pendingin, blower, freon, kopling magnet, sakelar tekanan termostast, dan relai.

“AC mobil sebenarnya membutuhkan perawatan rutin untuk performa yang optimal. Karena jika kurang diperhatikan dampak AC tidak dingin, bau apek, bahkan bisa mati total.

Nah, ingin tahu tips merawat AC mobil lebih lanjut. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Hindari merokok di dalam mobil

Tips merawat AC mobil yang pertama adalah menghindari merokok di dalam mobil. yup, bagi sebagian pengemudi mobil merokok dilakukan karena suatu alasan. Seperti misalnya untuk menghilangkan rasa kantuk dan bosan.

Meski begitu, merokok di dalam mobil sebaiknya tidak dilakukan. Karena bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Selain itu, sirkulasi AC dapat tercemar oleh asap rokok.

Asap rokok memiliki kemungkinan untuk masuk ke sistem sirkulasi AC dan mengendap di dalamnya. Akibatnya, udara yang keluar dari AC akan bercampur dengan nikotin. Dan itu bisa mengganggu kesehatan.

Tidak hanya itu, asap rokok juga bisa menempel pada evaporator AC sehingga akan mengganggu kinerjanya. Perlu diketahui evaporator AC disebut juga unit pendingin yang tugasnya membuang udara dingin di dalam kabin mobil.

Nah, jika evaporator ini rusak, maka udara yang akan keluar dari AC akan terasa panas.

Jaga Kebersihan Kabin Mobil

Apapun jenis mobil yang digunakan, kebersihan kabin merupakan hal wajib yang perlu dijaga oleh pemilik mobil. Saat kondisi kabin di dalam mobil kotor, maka debu bisa masuk ke filter AC sehingga akan mengganggu kinerja AC.

Jika hal ini terjadi, maka kabin mobil akan sulit terasa dingin meski AC dinyalakan. Selain itu, bau apek akan muncul di kabin mobil.

Saat AC mobil menyala, Jangan Buka jendela

Tips merawat AC mobil selanjutnya adalah jangan membuka jendela mobil saat menyalakan AC. Karena AC mobil tidak dibuat untuk mendinginkan ruangan yang luas. Nah, jika jendela dibuka maka performa AC akan terasa berat.

Bersihkan Filter AC secara teratur

Membersihkan filter AC secara berkala menjadi salah satu tips merawat AC mobil agar kualitas udara yang dihasilkan bersih dan tidak berbau apek. Jangka waktu setiap servis mobil atau maksimal 1 tahun. Namun, filter AC juga tentunya akan mengalami kondisi yang tidak layak pakai karena usia pemakaian.

Jika iya, maka komponen ini sebaiknya diganti dengan yang baru agar kualitas dan performa AC tetap optimal. Hal ini penting, karena filter AC juga bertugas mencegah masuknya debu atau kotoran ke dalam evaporator.

Bersihkan kondensor AC

Tips merawat AC mobil selanjutnya adalah dengan mencuci atau membersihkan kondensor AC. Ini bisa dilakukan saat mencuci mobil.

Saat mencuci mobil, buka kap mesin dan semprotkan air pada kondensor AC (yang bentuknya seperti radiator dan biasanya terletak di depan radiator) kotoran atau debu yang menempel saat dibiarkan mengeras dapat menyebabkan korosi atau keropos sehingga bocor ke kondensor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *